BREAKING NEWS

Jumat, 06 Juli 2018

Berpikir untuk Masyarakat, Tak Cukup

TENTU saja tidak cukup berpikir saja. Yang penting bagaimana melaksanakan pemikiran itu. Misalnya, terpikir ingin membantu masyarakat karena melihat masyarakatnya terbelakang di bidang pendidikan. Itu belum cukup. Terpikir ingin membantu masyarakat kaena faktor ekonomi yang menyedihkan, itu juga tidak cukup.

Terus bagaimana? Wajib menindaklanjuti pemikiran itu. Sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing, kita berbuat. Jika mampu memberi tahu tentang ilmu, keterampilan atau hal-hal berkaitan dengan pecerahan hidup, ya kita harus lakukan. Jika tidak bisa menjadi guru (resmi) di sekolah, kita bisa menjadi guru privat atau untuk satu-dua atau beberapa orang saja. Tempat pemberian pencerahannya juga bisa di rumah.

Jika kita berkemampuan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, atau sekurang-kurangnya memberikan bantuan ala kadarnya berupa uang atau barang yang dibutuhkan, ya kita bantu sesuai dengan kemampuan. Meskipun hanya terbantu untuk satu kali makan saja, itu juga sudah bagus dan sudah kita buktikan bahwa kita melaksanakan pemikiran kita.

Silakan, ayo kita buktikan bahwa kita tidak hanya berpikir saja tapi bisa membuktikannya.

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.