BREAKING NEWS

Jumat, 03 Juli 2015

Kerja Amanat Jadikan BAZNAS Karimun Hebat

HARI Senin (15/ 06) lalu, kembali para pengurus BAZ (Badan Amil Zakat) Daerah Karimun mengadakan rapat persiapan distribusi zakat periode kedua tahun 2015. BAZ Karimun yang kini berubah nama menjadi BAZNAS Karimun --sesuai Undang-undang No 23 Tahun 2011 mengdakan rapat untuk membahasan rencana pembagian zakat periode kedua tahun 2015.


Dengan dipimpin langsung oleh Ketua BAZNAS Karimun, H. Atan AS rapat pengurus dihadiri oleh 8 orang pengurus, rapat berjalan dengan lancar. Agenda rapat tentang rencana pendistribusian zakat periode kedua di tahun 2015 ini cepat dapat selesai. Waktu, tempat dan besaran zakat per jiwa para mustahik, juga cepat diputuskan. Direncanakan distribusi akan dilaksanakan dalam puasa ini juga. Persisnya akan ditentukan yang diperkirakan menjelang Idul Fitri nanti.

Satu catatan yang menurut saya pantas untuk menjadi perhatian dan inspirasi adalah bahwa ternyata kesuksesan BAZNAS Karimun mengelola uang muazakki Karimun selama ini telah menjadi perhatian khusus oleh lembaga yang sama di tingkat Nasional. Menurut Pak Atan dalam penjelasannya pada saat memimpin rapat, bahwa lembaga pengumpul dan pembagi uang rakyat ini tengah dalam penilaian oleh BAZNAS Pusat. "Jika sukses, kantor kita bisa mendapat Zakat Award," katanya.

Diperjelasnya bahwa beberapa hari lalu, tim sebagai utusan BAZNAS Jakarta telah berkunjung ke Kantor BAZNAS Karimun untuk mengadakan survey. Dalam kegiatan yang juga memverifikasi data dan fakta yang ada di kantor BAZNAS KarimunKetua BASNAS mendapat informasi langsung dari tim survey bahwa dari Provinsi Kepri hanya Kantor BASNAS Karimun yang mendapat penilaian terbaik dan diikutsertakan dalam penilaian ini.

Menurut tim dari Pusat itu bahwa dari beberapa indikator yang menjadi penilaian terhadap keberadaan BAZNAS di daerah di Indonesia, maka BAZNAS Karimun telah memenuhi hampir keseluruhan dengan nilai baik. Salah satu indikator yang secara khusus dijelaskan oleh tim adalah perihal disiplin administrasi dan dari azas kemanfaatan.

Dari pengelolaan administrasi, kantor ini dinilai telah melakukan administrasi yang sangat baik. Laporan-laporan yang dilakukan sudah memenuhi hampir semua kriteria administrasi terbaik. Untuk hal ini, Pak Atan memang mengakui bahwa para pelaksana harian yang mengelola administrasi memang telah melakukan tugasnya dengan baik sekali. Setiap laporan dibuat sebaik mungkin dan dilaporkan ke semua instansi yang berhak menerima laporan tersebut.

Dari sisi nilai azas kemanfaatan, tim Pusat menilai bahwa BAZNAS Karimun telah membuktikan betapa keberadaan lembaga ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya keluarga miskin. Dengan distribusi tiga kali dalam setahun, itu dianggap satu terobosan yang sangat besar dilihat dari segi azas manfaat. Kebanyakan kantor di daerah lain hanya melakukan distribusi satu atau dua kali saja dalam setiap tahunnya. Dilihat dari sebaran pembagiannya juga hampir untuk satu kabupaten.

Keberadaan satu-satunya lembaga pengelola zakat, infaq dan sedekah umat di kabupaten ini juga telah menjadikan lembaga ini menonjol sekali keberadaannya. Masyarakat pembayar zakat dengan suka rela menyalurkan zakatnya lewat BAZNAS Karimun sementara umat yang berhak menerima zakat juga berharap besar kepada lembaga ini. Di situlah azas manfaat itu kelihatan sekali. Begitu informasi yang disampaikan tim Pusat.

Dari seluruh aktivitas yang bernilai positif itu, jelas sekali bahwa bekerja secara amanah adalah kuncinya. Para pengurus yang diberi amanah untuk mengelola uang/ harta umat, telah berusaha bekerja dengan baik sesuai dengan amanah yang diberikan. Ini memang penting, agar lembaga ini benar-benar sesuai harapan masyarakat.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.