BREAKING NEWS

Rabu, 27 Mei 2020

Idulfitri di Wabah Corona Menjadi Hari Raya Istimewa

KARENA wabah corona alias covid-19 tidak juga reda hingga jatuhnya Syawal 1441 (2020) maka 1 Syawal 1441 yang jatuh pada 24 Mei 2020 jadilah dia menjadi Hari Raya Idulfitri Istimewa. Tadinya, semua kita ingin corona sirna menjelang Hari Raya. Sejak Maret 2020 --sebelum puasa-- corona sudah merajalela. Lalu semua orang, khususnya Pemerintah berusaha mengatasinya. Harapannya, itu tadi kiranya dua bulan ke depan bisa sirna. Nyatanya semakin membuat merana semua kita.

Idulfitri akhirnya tetap dalam suasana merebaknya wabah corona. Di Jakarta, di Sumatera Barat, di Jawa Barat, di Kepri dan di banyak provinsi dan kabupaten lainnya bahkan pengelolaan covid-19 masih sedang mengkhawatirkan. Semua kabupaten di seluruh Indonesia sudah 'dijajah' corona, kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Nasional setiap hari di layar kaca. Dalam keadaan seperti itu, kita harus mengatakan bahwa Idulfitri tahun ini memang tahun corona, tahun Hari Raya yang lebih istimewa.

Tentu saja yang membuat istimewa itu adalah karena kita tidak sebagaimana biasanya merayakan Idulfitri ini. Ada protokoler kesehatan yang wajib dilaksanakan dalam melaksanakan prosesi Idulfitrinya. Dari solat Ied yang harus di rumah saja, sampai ke penggunaan masker, sajadah, mencuci tangan hingga solat yang berjarak jika kita ingin juga solat Ied di masjid. Bagaimana istimewanya Idulfitri ini.

Pastilah kita menerimanya dengan cara apapun. Jika kita ikhlas menerima fakta-fakta begitu, maka tenanglah kita dalam berhari raya. Tapi jika kita tetap saja mengomel karena hal yang tidak biasa, ini maka kita jua yang akan menerima rasa gundahnya. Seharusnya, kita menyesuaikan saja dengan keadaan yang ada. Kita petik saja hikmah apa yang ada di dalamnya.***

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.