BREAKING NEWS

Senin, 15 Juli 2019

Lebaran, Silaturrahim Kita Kuatkan

SALAH satu tradisi yang sudah berkembang sejak dulu kala pasca solat Ied adalah saling berkunjung ke rumah antar warga. Setelah saling memberi dan meminta maaf dalam keluarga sendiri, biasanya akan dilanjutkan tradisi silaturrahim itu ke rumah-rumah tetangga. Tentu saja setelah solat Ied dilaksanakan.

Satu hal yang mengusik pikiran dan perasaan kita waktu itu adalah sinyalemen lebih diutamakannya pejabat (atasan di kantor) dari pada tetangga sendiri. Alasannya adalah karena tetangga itu bukan keluarga sendiri. Artinya, setelah bersalaman dan bermaaf-maafan dengan sesama keluarga, maka pendapat ini menyatakan lebih baik ke rumah pejabat, sebagai atasan kita sendiri.

Saya pikir ini kekeliruan fatal. Tidak tepat rasanya lebih mengutamakan orang jauh walaupun itu pejabat dari pada orang dekat yang bukan pejabat. Bukankah jika terjadi apa-apa dengan kita atau keluarga kita, justeru orang terdekat bertempat dengan kita yang akan menolong. Maka lebih baik mendahulukan tetangga dari pada orang jauh walaupun itu pejabat di kantor kita.***


Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

 
Copyright © 2016 koncopelangkin.com Shared By by NARNO, S.KOM 081372242221.